Distribusi
DISTRIBUSI.
A. Pengertian Distribusi.
Adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Istilah distribusi terkesan pasif, maka distribusi yang aktif didefinisikan dengan istilah pemasaran , yaitu distribusi yang diimbangi dengan demontrasi, pemasangan iklan, pemberian hadiah dan lain-lain.
1. Distribusi dalam Perdagangan.
Distribusi dapat dilakukan melalui usaha perdagangan yang dapat dibedakan sebagai berikut:
a. Pedagang Besar (whole seller): pedagang besar (grosir) adalah pedagang yang membeli barang secara
besar-besaran dan menjualanya kepada pedagang pengecer.
b. Pedagang Kecil (pengecer) / retailer: pedagang yang menjual langsung kepada konsumen secara langsung.
2. Perantara Khusus.
a. Agen (agency).
Adalah perantara perdagangan atas nama perusahaan menjual barangnya di daerah tertentu.Balasan jasa
agen disebut komisi.
b. Makelas (broker).
Adalah perantara atas nama orang lain mencarikan barang bagi pembeli dan atau menjual barang bagi
penjual. balas jasa makelar disebut provisi atau kurtase.
c. Komisioner (commision merchant).
Adalah perantara dalam perdagangan atas namanya sendiri dan bertanggungjawab sendiri.Balas jasa
komisioner disebut komisi.
d. Eksportir dan importir.
3. Fungsi Distribusi.
a. Menyalurkan barang dan jasa dari produsen dan konsumen.
* Pengangkutan.
b. Memecahkan persoalan perdebatan tempat.
* Penyimpanan
* Jual beli
* Penanggulanangan resiko.
c. Memecahkan persoalan perbedaan waktu
d. Seleksi dan kombinasi barang menurut jumlah danjenisnya:
* Menyeleksi
* Mengepak / mengemas
* Memberi informasi.
0 komentar:
Posting Komentar